PERCAYA DIRI
A.
Pengertian
Percaya Diri
Menurut
Thursan Hakim (2004:6), “Rasa percaya diri adalah suatu keyakinan seseorang
terhadap segala aspek kelebihan yang dimilikinya dan keyakinan tersebut
membuatnya merasa mampu untuk bisa mencapai berbagai tujuan dalam hidupnya”.
Menurut
pendapat Daniel Goleman (2005:83), “Rasa percaya diri adalah keberanian yang
dating dari kepastian tentang kemampuan, nilai-nilai, dan tujuan kita”.
Dari
beberapa pendapat diatas maka dapat disimpulkan bahwa percaya diri adalah suatu
keyakinan dalam diri dengan kemampuan untuk mencapai suatu tujuan dalam hidup.
B.
Tujuan
Percaya Diri
Menurut
Scaefer (1989:72), menyatakan bahwa “tujuan percaya diri adalah agar dapat
mengatur dirinya sendiri, mengarahkan perasaannya, tanpa pengaruh dari orang
lain”.
Menurut Bambang Hartoyo (1997:3), “bahwa
tujuan rasa percaya diri adalah agar individu memiliki kecakapan dalam
mengungkapkan perasaan diri”.
Maka dapat disimpulkan bahwa tujuan
percaya diri adalah :
- Individu dapat mengatur dirinya sendiri
- Dapat mengarahkan perasaan tanpa pengaruh dari orang lain.
- Agar individu memiliki kecakapan dalam mengungkapkan perasaan.
C.
Ciri-Ciri
Orang yang Memiliki Rasa Percaya Diri
- Selalu bersikap tenang dalam mengerjakan sesuatu
- Mempunyai potensi dan kemampuan yang memadai
- Mampu menetralisasi ketegangan yang muncul dalam berbagai situasi
- Mampu menyesuaikan diri dan komunikasi dalam berbagai situasi
- Memiliki kondisi fisik dan mental yang cukup menunjang penampilannya
- Memiliki tingkat pendidikan formal dan kecerdasan yang cukup
- Memiliki kemampuan bersosialisasi dan latar belakang keluarga yang baik
- Memiliki keahlian atau ketrampilan yang menunjang kehidupannya
- Selalu bereaksi positif di dalam menghadapi berbagai masalah
Angket Percaya Diri
A.
Definisi
Operasional
TABEL 1, Kisi-Kisi Angket Percaya Diri
Variabel
|
Sub
Variabel
|
Indikator
|
Jumlah
Item
|
No.
Item
|
||
(+)
|
(-)
|
|||||
Percaya
Diri
|
Keyakinan
Diri
|
Kemauan
dan usaha
|
7
|
1,
7, 20, 44
|
27,
32, 39
|
|
|
Optimis
|
7
|
2,
8, 14, 45
|
21,33,
40
|
||
Sikap
positif
|
mandiri
|
4
|
9,
34
|
15,
22
|
||
|
Tidak
mudah menyerah
|
8
|
10,
23, 28, 35, 41
|
3,
16, 46
|
||
|
Mampu
menyesuaikan diri
|
7
|
4,
11, 36, 42
|
17,
24, 29
|
||
Memanfaatkan
kelebihan
|
Memiliki
dan memanfaatkan kelebihan
|
6
|
5,
12, 18, 37
|
25,
30
|
||
|
Memiliki mental dan
fisik yang menunjang
|
7
|
6,
13, 19, 26
|
31,
38, 43
|
||
|
|
jumlah
|
46
|
27
|
19
|
|
|
|
|
|
|
|
|
B. Angket Percaya Diri
Petunjuk
Pengisian Angket :
Angket ini dibuat untuk mengetahui
tingkat Percaya Diri siswa. Angket ini tidak ada Dalam angket ini tidak ada jawaban yang benar
dan salah, maka jawablah pertanyaan sesuai dengan keadaan yang sebenarnya.
Setiap nomor mempunyai jawaban A, B, C, dan D, dimana :
a. Selalu b. Sering c. Kadang-kadang d. Tidak pernah
Cara
Pengisian Angket :
Beri
tanda silang (X) pada salah satu alternatif jawaban A, B, C, atau D yang sesuai
dengan keadaan Anda yang sebenarnya.
SELAMAT MENGERJAKAN
1. Ketika
ada mata pelajaran yang tidak dimengerti saya mencoba memberanikan diri untuk
bertanya.
a. Selalu b. Sering c. Kadang-kadang d.Tidak pernah
2. Saya
merasa mampu mengerjakan suatu hal dengan baik.
a. Selalu b. Sering c. Kadang-kadang d.Tidak pernah
3. Saya
mudah cemas dalam menghadapi persoalan hidup.
a. Selalu b. Sering c. Kadang-kadang d.Tidak pernah
4. Saya
mudah bergaul dengan teman-teman yang lain.
a. Selalu b. Sering c. Kadang-kadang d.Tidak pernah
5. Saya
merasa memiliki kelebihan yang bisa untuk dikembangkan.
a. Selalu b. Sering c. Kadang-kadang d.Tidak pernah
6. Saya
selalu merasa bahagia.
a. Selalu b. Sering c. Kadang-kadang d.Tidak pernah
7. Saya
berani mengerjakan soal di depan kelas.
a. Selalu b. Sering c. Kadang-kadang d.Tidak pernah
8. Saya
yakin kalau belajar dengan giat maka saya akan mendapat nilai yangt bagus.
a. Selalu b. Sering c. Kadang-kadang d.Tidak pernah
9. Saya
berusaha bersikap dewasa dalam menyelesaikan suatu masalah.
a. Selalu b. Sering c. Kadang-kadang d.Tidak pernah
10. Saya
menyukai tantangan.
a. Selalu b. Sering c. Kadang-kadang d.Tidak pernah
11. Saya
termasuk popular diantara teman-teman.
a. Selalu b. Sering c. Kadang-kadang d.Tidak pernah
12. Saya
berusaha mengembangkan bakat yang saya miliki.
a. Selalu b. Sering c. Kadang-kadang d.Tidak pernah
13. Saya
merasa mempunyai fisik yang menunjang penampilan.
a. Selalu b. Sering c. Kadang-kadang d.Tidak pernah
14. Saya
merasa mempunyai prestasi belajar yang baik di sekolah.
a. Selalu b. Sering c. Kadang-kadang d.Tidak pernah
15. Saya
merasa bergantung pada orang lain.
a. Selalu b. Sering c. Kadang-kadang d.Tidak pernah
16. Saya
merasa mudah putus asa.
a. Selalu b. Sering c. Kadang-kadang d.Tidak pernah
17. Saya
lebih suka menyendiri bila ada masalah daripada berbaur dengan teman yang lain.
a. Selalu b. Sering c. Kadang-kadang d.Tidak pernah
18. Saya
aktif dalam kegiatan ekstrakurikuler di sekolah.
a. Selalu b. Sering c. Kadang-kadang d.Tidak pernah
19. Saya
mampu menetralisasi ketegangan yang muncul dalam berbagai situasi.
a. Selalu b. Sering c. Kadang-kadang d.Tidak pernah
20. Saya
mempunyai kemauan yang kuat bila menginginkan sesuatu supaya nantinya berjalan
dengan baik.
a. Selalu b. Sering c. Kadang-kadang d.Tidak pernah
21. Saya
merasa orang lain lebih mampu daripada saya.
a. Selalu b. Sering c. Kadang-kadang d.Tidak pernah
22. Saya
malu apabila tampil sendirian.
a. Selalu b. Sering c. Kadang-kadang d.Tidak pernah
23. Saya
menganggap bahwa semua masalah pasti ada jalan keluarnya.
a. Selalu b. Sering c. Kadang-kadang d.Tidak pernah
24. Saya
merasa teman-teman tidak mau bergaul dengan saya.
a. Selalu b. Sering c. Kadang-kadang d.Tidak pernah
25. Saya
merasa kesulitan untuk mengembangkan kelebihan yang saya miliki.
a. Selalu b. Sering c. Kadang-kadang d.Tidak pernah
26. Saya
berusaha tegar dan tabah dalam menghadapi cobaan hidup.
a. Selalu b. Sering c. Kadang-kadang d.Tidak pernah
27. Saya
merasa tidak mempunyai tujuan hidup.
a. Selalu b. Sering c. Kadang-kadang d.Tidak pernah
28. Saya
berusaha belajar dengan rajin supaya prestasi saya meningkat.
a. Selalu b. Sering c. Kadang-kadang d.Tidak pernah
29. Saya
sulit bergaul dengan orang yang belum dikenal.
a. Selalu b. Sering c. Kadang-kadang d.Tidak pernah
30. Saya
tidak mempunyai kelebihan yang menarik dalam diri saya.
a. Selalu b. Sering c. Kadang-kadang d.Tidak pernah
31. Saya
merasa penampilan saya kurang bagus.
a. Selalu b. Sering c. Kadang-kadang d.Tidak pernah
32. Saya
merasa mempunyai pendirian yang mudah berubah-ubah.
a. Selalu b. Sering c. Kadang-kadang d.Tidak pernah
33. Saya
merasa bergantung pada orang lain.
a. Selalu b. Sering c. Kadang-kadang d.Tidak pernah
34. Saya
berusaha menyelesaikan tugas tanpa bantuan orang lain.
a. Selalu b. Sering c. Kadang-kadang d.Tidak pernah
35. Saya
suka mempelajari hal-hal baru untuk menambah wawasan.
a. Selalu b. Sering c. Kadang-kadang d.Tidak pernah
36. Saya
merasa teman-teman selalu mendukung ketika saya menginginkan sesuatu.
a. Selalu b. Sering c. Kadang-kadang d.Tidak pernah
37. Saya
merasa kelebihan yang saya punya dibutuhkan orang lain.
a. Selalu b. Sering c. Kadang-kadang d.Tidak pernah
38. Saya
merasa pengalaman buruk masa lalu masih mempengaruhi diri.
a. Selalu b. Sering c. Kadang-kadang d.Tidak pernah
39. Saya
malas berusaha memperjuangkan cita-cita.
a. Selalu b. Sering c. Kadang-kadang d.Tidak pernah
40. Saya
merasa bayangan kegagalan menghantui diri saya.
a. Selalu b. Sering c. Kadang-kadang d.Tidak pernah
41. Saya
berusaha bertanggung jawab terhadap apa yang saya lakukan.
a. Selalu b. Sering c. Kadang-kadang d.Tidak pernah
42. Saya
menyukai kegiatan social.
a. Selalu b. Sering c. Kadang-kadang d.Tidak pernah
43. Saya
sulit untuk menghilangkan trauma masa lalu.
a. Selalu b. Sering c. Kadang-kadang d.Tidak pernah
44. Saya
berusaha rileks untuk mengurangi ketegangan saat tampil di depan.
a. Selalu b. Sering c. Kadang-kadang d.Tidak pernah
45. Saya
merasa optimis dengan apa yang saya kerjakan /pasti berjalan dengan lancer.h
a. Selalu b. Sering c. Kadang-kadang d.Tidak pernah
46. Saya
menghindari tugas-tugas yang sulit untuk dikerjakan.
a. Selalu b. Sering c. Kadang-kadang d.Tidak pernah
C.
Pemberian
Skoring
sedangkan
pemberian skor untuk tiap jawaban angketitem positif nilai yang diberikan yaitu
untuk jawaban selalu dengan skor 4, sering dengan skor 3, kadng-kadang dengan
skor 2, dan tidak pernah dengan skor 1. Untuk jawaban angket item negative
nilai yang diberikan yaitu untuk jawaban selalu dengan skor 1, sering dengan
skor 2, kadang-kadang dengan skor 3, dan tidak pernah dengan skor 4.
TABEL
2. Model kualifikasi jawaban angket item positif
JAWABAN
|
SKOR
|
KETERANGAN
|
A
|
4
|
Selalu
|
B
|
3
|
sering
|
C
|
2
|
Kadang-kadang
|
D
|
1
|
Tidak pernah
|
TABEL
3.Model kualifikasi jawaban angket item negative
JAWABAN
|
SKOR
|
KETERANGAN
|
A
|
1
|
Selalu
|
B
|
2
|
Sering
|
C
|
3
|
Kadang-kadang
|
D
|
4
|
Tidak pernah
|
D.
Kriteria/
Penggolongan
Berdasarkan
hasil skoring angket percaya diri dapat digolongkan sebagai berikut :
- Skor 149-184 Penuh rasa percaya diri
- Skor 112-148 Memiliki rasa percaya diri tinggi
- Skor 75-111 Memiliki rasa percaya diri sedang
- Skor 37-74 Memiliki rasa percaya diri rendah
- Skor 0-36 Tidak memiliki rasa percaya diri
E. Uji validitas
Untuk
mengetahui validitas angket percaya
diri maka menggunakan tehknik korelasiproduct
moment, Adapun langkah-langkah uji
validitas adalah sebagai berikut
a.
Menyebarkan angket pada responden
b.
Menghitung tiap-tiap item serta skor
item secara total
c.
Menghitung korelasi antar skor masing-masing item dengan skor total dengan menggunakan
tehknik korelasi product moment.
TABEL 4. Hasil Uji Coba Validitas Angket Percaya
Diri
No.
Item
|
rxy
|
Keterangan
|
1
|
0,332
|
Signifikan
|
2
|
0,349
|
Signifikan
|
3
|
0,327
|
Signifikan
|
4
|
0,566
|
Signifikan
|
5
|
0,365
|
Signifikan
|
6
|
0,458
|
Signifikan
|
7
|
0,295
|
Signifikan
|
8
|
0,454
|
Signifikan
|
9
|
0,471
|
Signifikan
|
10
|
0,393
|
Signifikan
|
11
|
0,333
|
Signifikan
|
12
|
0,588
|
Signifikan
|
13
|
0,361
|
Signifikan
|
14
|
0,336
|
Signifikan
|
15
|
0,312
|
Signifikan
|
16
|
0,446
|
Signifikan
|
17
|
0,461
|
Signifikan
|
18
|
0,321
|
Signifikan
|
19
|
0,339
|
Signifikan
|
20
|
0,314
|
Signifikan
|
21
|
0,428
|
Signifikan
|
22
|
0,457
|
Signifikan
|
23
|
0,353
|
Signifikan
|
24
|
0,303
|
Signifikan
|
25
|
0,305
|
Signifikan
|
26
|
0,347
|
Signifikan
|
27
|
0,469
|
Signifikan
|
28
|
0,439
|
Signifikan
|
29
|
0,554
|
Signifikan
|
30
|
0,524
|
Signifikan
|
31
|
0,641
|
Signifikan
|
32
|
0,513
|
Signifikan
|
33
|
0,312
|
Signifikan
|
34
|
0,324
|
Signifikan
|
35
|
0,329
|
Signifikan
|
36
|
0,377
|
Signifikan
|
37
|
0,303
|
Signifikan
|
38
|
0,57
|
Signifikan
|
39
|
0,383
|
Signifikan
|
40
|
0,476
|
Signifikan
|
41
|
0,506
|
Signifikan
|
42
|
0,407
|
Signifikan
|
43
|
0,352
|
Signifikan
|
44
|
0,377
|
Signifikan
|
45
|
0,390
|
Signifikan
|
46
|
0,329
|
Signifikan
|
Berdasarkan
data diatas diperoleh bahwa dari 46 item angket percaya diri semuanya sudah
teruji validitasnya. Angket ini sudah digunakan sebanyak satu kali di kelas X SMA KARTIKA V-3 SURABAYA.
F. Uji Reliabilitas
Untuk
mengetahui reliabilitas angket
percaya diri maka menggunakan tehknik belah dua dengan rumus Spearman Brown. Adapun
langkah-langkah uji validitas adalah
sebagai berikut :
- Membuat tabel analisis butir item
- Dari analisis ini skor-skor dikelompokkan menjadi dua yaitu : item nomor ganjil dan genap.
- Skor belahan ganjil dikorelasikan dengan skor belahan genap dengan menggunakan rumus korelasi Product Moment.
- Mencari indeks reliabilitas dengan menggunakan rumus Spearman Brown.
Dari
data yang diperoleh diketahui bahwa : Reliabilitas angket dengan rumus belah
dua ganjil-genap adalah 0,708, sedangkan N=46 dan r table 0,279, maka angket
ini dinyatakan riliabel.
Sumber : Skripsi Mieke Kharolina
(021014234) BK UNESA
“Hubungan
antara kecerdasan emosi dengan percaya diri pada siswa kelas X SMA KARTIKA V-3 SURABAYA”
Tahun
2006.
Oleh : illa suryaningsih BK-B 2010 (101014051)
Maaf boleh tanya ini angket kepercayaan dirinya berdasar teori dari siapa ya??
ReplyDeleteLauster
Deletemaaf lauster tahun berapa dang pagesnya karana untuk dijadikan referensi. terimaksih
DeleteMaaf, tahun dan halaman berapa ya untuk angketnya?
Deleteterimakasih psotingannensi yaa ,ya sangat membantu ,, izin jadiin referensi ya,,, sukses :D
ReplyDeletesangat membantu dlm tugas assesmen
ReplyDeleteiah ini teori siapa?
ReplyDeleteMaaf kalau boleh di lampirkan daftar pustaka atau sumber teorinya??
ReplyDeleteTeorinya siapa ini ?
ReplyDeletepostingannya bagus.., boleh saya jadikan referensi ya
ReplyDeletetrims
terima kasih sanagt membantu ijinkan dijadikan referensi
ReplyDeleteizin dijadikan referensi yaaa. terimakasih :)
ReplyDeleteini pakai teori apa ya...
ReplyDeletepostinganya bagus sangat membantu bisa dijadikan referensi,boleh tau sumbernya darimana dan teori nya
ReplyDeleteMaaf ini expert nya siapa ya? Dan tahun berapa?
ReplyDeleteizin menjadi referensi ya kak :)
ReplyDeleteIzin referensi
ReplyDeletemohon izin sebagai referensi ya Kakak
ReplyDeletemohon izin sebagai refensi
ReplyDeleteMohon izin referensi ya kak
ReplyDeleteTerima kasih sangat membantu, mohon ijin dijadikan referensi geh.
ReplyDeleteizin jadikan referensi ya kak
ReplyDeleteAssalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh, mohon izin menggunakan angket yang ada sebagai referensi 🙏
ReplyDelete