Sunday, April 1, 2012

biografi CLARK L. HULL


Biografi Clark Leonard Hull

            Clark L. Hull (1884-1952) meraih gelar Ph. D. dari university of Wisconsin pada 1918, tempat dia mengajar dari 1916 sampai 1929. Pada tahun 1929 dia pindah ke Yale dan tetap di sana sampai meninggal. Karier Hull dapat dibagi menjadi tiga bagian terpisah, yaitu perhatian utama pertamanya adalah tes bakat dan kecakapan, perhatian kedua Hull adalah hypnosis, dan perhatian ketiganya, dan karya yang membuat terkenal adalah studi proses belajar. Buku buatan pertama Hull mengenai belajar, principles of behavior (1943) mengubah studi tentang belajar secara radikal. Karya ini adalah usaha pertama untuk mengaplikasikan teori ilmiah yang komprehensif ke dalam studi fenomena psikologis yang kompleks. Hull adalah orang pertama yang menggunakan teori yang kukuh untuk mempelajarai dan menjelaskan proses belajar. Atas usahanya, Hull menerima warren Medal pada 1945 dari society of Experimental Psychology.
            Hull menderita cacat fisik yaitu kelumpuhan sebagian karena polio sejak kecil. Pada 1948 di terkena serangan jantung koroner dan empat tahun kemudian dia meninggal. Dalam buku terakhirnya (behavior system), dia mengekspresikan penyelasannya karena buku ketiga tentang belajar yang ingin ditulisnya tidak pernah terwujud.
            Walaupun Hull merasa teorinya belum lengkap, namun teorinya sangat berpengaruh terhadap teori belajar di seluruh dunia. Clark Hull adalah kontributor utama untuk pengetahuan kita tentang proses belajar. Tujuan teori Hull adalah menjelaskan perilaku adaptif dan untuk memahami variabel-variabel yang mempengaruhinya. Dapat dikatakan bahwa Hull tertarik untuk menyusun sebuah teori yang menjelaskan bagaimana kebutuhan tubuh, lingkungan dan perilaku saling berinteraksi untuk meningkatkan probabilitas survival organisme.



oleh : illa suryaningsih BK-B 2010 (101014051),  

No comments:

Post a Comment