Sunday, April 15, 2012

Biografi Alfred Adler

         Alfred Adler (February 7, 1870 – May 28, 1937) adalah seorang psikolog dan fisikawan yang mengembangkan teori psikologi individual. Adler menyatakan ada satu daya motivasi yang memengaruhi semua bentuk perilaku dan pengalaman manusia. Daya motivasi tersebut disebut "dorongan ke arah kesempurnaan". Daya tersebut mendorong manusia memenuhi semua potensi dan keinginan yang ada di dalam dirinya, sehingga seorang manusia dapat semakin dekat dengan apa yang diidealkan. Gagasan Adler ini sebenarnya dipengaruhi oleh Nietzsche. Di sinilah poin yang menyebabkan ketidaksepakatan Adler dengan Sigmund Freud. 
           Menurut Freud, segala sesuatu yang terjadi di masa lalu, seperti trauma masa kecil, pasti menjadi penentu siapa orang itu di masa kini. Sebaliknya, Adler justru berpendapat bahwa "dorongan ke arah kesempurnaan" yang hendak seseorang capai di masa depan itulah yang memotivasi manusia di masa kini. Setiap manusia diarahkan menuju tujuan, harapan, dan cita-citanya. Untuk mendukung "dorongan ke arah kesempurnaan" tersebut, Adler menyatakan bahwa ada ide lain yakni "kepentingan sosial" atau "kepekaan sosial". Dengan ide ini, seorang manusia yang sedang mengarahkan dirinya menuju kesempurnaan akan mempertimbangkan lingkungan sosialnya. 
         Alfred Adler adalah seorang dokter medis Austria, psikoterapis, dan pendiri sekolah psikologi individu. Bekerja sama dengan Sigmund Freud dan sekelompok kecil rekan Freud, Adler antara co-pendiri gerakan psikoanalitik sebagai anggota inti dari Wina psikoanalitik Masyarakat. Adler menyebutnya psikologi individu karena ia percaya manusia menjadi suatu keseluruhan yang tak terpisahkan, suatu individuum. Dia juga membayangkan orang yang akan terhubung atau berhubungan dengan dunia sekitarnya. untuk membentuk sebuah sekolah independen dari psikoterapi dan teori kepribadian. Hal ini setelah Freud menyatakan gagasan Adler sebagai terlalu bertentangan, yang mengarah ke ultimatum kepada semua anggota Society (yang Freud menggiring) untuk menjatuhkan Adler atau diusir, mengingkari hak untuk berbeda pendapat (Makari, 2008). 
         Setelah perpecahan ini, Adler akan datang untuk memiliki efek, besar independen pada disiplin konseling dan psikoterapi karena mereka dikembangkan selama abad ke-20 (Ellenberger, 1970). Dia mempengaruhi tokoh-tokoh di sekolah berikutnya psikoterapi seperti Rollo May, Viktor Frankl, Abraham Maslow dan Albert Ellis [4]. Tulisan Nya mendahului, dan pada waktu yang mengejutkan konsisten dengan, kemudian neo-Freudian wawasan seperti yang dibuktikan dalam karya Otto Rank, Karen Horney, Harry Stack Sullivan dan Erich Fromm. 
           Adler menekankan pentingnya kesetaraan dalam mencegah berbagai bentuk psikopatologi, dan didukung pengembangan kepentingan sosial dan struktur keluarga demokratis untuk membesarkan anak-anak. Konsepnya paling terkenal adalah kompleks inferioritas yang berbicara untuk masalah harga diri dan yang efek negatif terhadap kesehatan manusia (misalnya kadang-kadang menghasilkan keunggulan paradoks berjuang). Penekanannya pada kekuatan dinamika berakar dalam filsafat Nietzsche, yang karya-karyanya diterbitkan beberapa dekade sebelum Adler. Namun, konseptualisasi Adler dari "Will to Power" berfokus pada kekuatan kreatif individu untuk berubah menjadi lebih baik. Adler berpendapat untuk holisme, melihat individu secara holistik bukan reductively, yang terakhir merupakan lensa yang dominan untuk melihat psikologi manusia. Adler juga di antara yang pertama dalam psikologi untuk berdebat mendukung feminisme membuat kasus bahwa kekuasaan dinamika antara pria dan wanita (dan asosiasi dengan maskulinitas dan femininitas) sangat penting untuk memahami psikologi manusia (Connel, 1995). 
           Adler dianggap, bersama dengan Freud dan Jung, menjadi salah satu dari tiga tokoh pendiri psikologi mendalam, yang menekankan ketidaksadaran dan psikodinamika (Ellenberger, 1970; Ehrenwald, 1991). Alfred Adler dilahirkan di Mariahilfer Straße 208 dalam Rudolfsheim, sebuah tempat di dekat Wina pada paruh waktu namun hari ini Rudolfsheim-Funfhaus, distrik 15 Wina. Dia adalah anak kedua dari tujuh bersaudara dari seorang pedagang kelahiran Hungaria, gandum Yahudi dan istrinya. Awalnya, ia mengembangkan rakhitis, yang membuatnya dari berjalan sampai ia berusia empat tahun. Mendengar dokter mengatakan kepada ayahnya "anak Anda hilang" itu pada usia empat tahun ketika Ia hampir meninggal karena pneumonia. Dan pada usia ini bahwa ia memutuskan untuk menjadi dokter. Adler memutuskan untuk menyerah pada praktek umum dan diupayakan untuk mengkhususkan diri dalam neurologi dan psikiatri setelah melihat efek dari diabetes pada pasien muda. Alfred adalah seorang anak, aktif populer dan rata-rata siswa yang juga dikenal karena sikap kompetitif ke arah kakaknya, Sigmund. Pada tahun 1895 Tokoh Ilmuwan Penemu - http://www.tokoh-ilmuwan-penemu.com Adler menerima gelar medis dari University of Vienna. 
           Selama kuliah, ia telah menjadi melekat pada sekelompok mahasiswa sosialis, di antaranya ia menemukan istrinya-to-be, Raissa Timofeyewna Epstein, seorang aktivis intelektual dan sosial dari Rusia belajar di Wina. Mereka menikah pada 1897 dan memiliki empat anak, dua di antaranya menjadi psikiater. Penulis, jurnalis, dan Wicca pendeta Margot Adler adalah cucu Adler. Adler memulai karir medis sebagai dokter mata, tapi ia segera beralih ke praktek umum, dan mendirikan kantornya di bagian kurang makmur Wina seberang Prater, sebuah taman hiburan kombinasi dan sirkus. Kliennya termasuk orang-orang sirkus, dan telah disarankan bahwa kekuatan yang tidak biasa dan kelemahan dari para pemain menyebabkan wawasan ke dalam "inferiorities organ" dan "kompensasi". 
            Pada tahun 1907 Adler menerima undangan dari Sigmund Freud untuk bergabung sebuah kelompok diskusi informal yang mencakup Rudolf Reitler dan Wilhelm Stekel. Kelompok, yang "Masyarakat Rabu" (Mittwochsgesellschaft), bertemu secara teratur pada malam Rabu di rumah Freud dan merupakan awal dari gerakan psikoanalitik, memperluas dari waktu ke waktu untuk memasukkan lebih banyak anggota. Seorang anggota lama-melayani kelompok, Adler menjadi presiden Masyarakat Wina psikoanalitik delapan tahun kemudian (1910). Dia tetap menjadi anggota dari Masyarakat sampai 1911, ketika ia dan sekelompok pendukungnya secara resmi terlepas dari lingkaran Freud, yang pertama dari pembangkang besar dari psikoanalisis ortodoks (sebelumnya dibagi Carl Jung pada tahun 1914). Keberangkatan ini cocok baik Freud dan Adler, karena mereka telah tumbuh untuk tidak menyukai satu sama lain. Selama hubungannya dengan Freud, Adler sering mempertahankan ide sendiri yang sering menyimpang dari Freud. Sementara Adler sering disebut sebagai "murid dari Freud", pada kenyataannya ini tidak pernah benar, mereka adalah rekan-rekan. 
            Pada tahun 1929 Adler menunjukkan seorang reporter New York Herald salinan kartu pos memudar bahwa Freud telah mengirim dia pada tahun 1902. Dia ingin membuktikan bahwa ia tidak pernah menjadi murid Freud melainkan bahwa Freud telah mencari dia keluar untuk berbagi ide-idenya. Adler mendirikan Masyarakat Psikologi individu pada tahun 1912 setelah istirahat dari gerakan psikoanalitik. Kelompok Adler awalnya termasuk beberapa pengikut Nietzschean ortodoks (yang percaya bahwa gagasan-gagasan Adler pada kekuasaan dan inferioritas lebih dekat Nietzsche dari Freud). Permusuhan mereka samping, Adler mempertahankan kekaguman seumur hidup bagi ide-ide Freud pada mimpi dan dikreditkan dia dengan menciptakan pendekatan ilmiah untuk pemanfaatan klinis mereka (Fiebert, 1997). Namun demikian, bahkan tentang interpretasi mimpi, Adler memiliki pendekatan sendiri teoritis dan klinis. Perbedaan utama antara Adler dan Freud berpusat pada pendapat Adler bahwa alam sosial (sebelah luar) adalah sebagai penting untuk psikologi sebagai adalah wilayah internal (interioritas). Dinamika kekuasaan dan kompensasi melampaui seksualitas, dan gender dan politik dapat sebagai penting sebagai libido. Selain itu, Freud tidak berbagi keyakinan sosialis Adler. 
                   Biografi Leon Trotsky menyebutkan diskusinya dengan Alfred Adler memiliki di Wina. Pada awal 1930-an, setelah sebagian besar klinik Austria Adler telah ditutup karena warisan Yahudi (meskipun konversi ke Kristen), Adler meninggalkan Austria untuk guru di Long Island College of Medicine di Amerika Serikat. Adler meninggal karena serangan jantung pada tahun 1937 di Aberdeen, Skotlandia, selama tur ceramah, meskipun kremasi nya hilang dan belum ditemukan sampai 2011. Kematiannya merupakan pukulan sementara untuk pengaruh ide-idenya, meskipun sejumlah mereka yang kemudian diambil oleh neo-Freudian. Melalui karya Rudolf Dreikurs di Amerika Serikat dan pengikut lainnya di seluruh dunia, ide-ide dan pendekatan Adlerian tetap kuat dan layak lebih dari 70 tahun setelah kematian Adler. Di seluruh dunia terdapat berbagai organisasi mempromosikan orientasi Adler terhadap mental dan kesejahteraan sosial. Ini termasuk Komite Sekolah Internasional Musim Panas Adlerian dan Institut (ICASSI), Amerika Utara Society for Adlerian Psikologi (NASAP) dan Asosiasi Internasional untuk Psikologi individu. Pengajaran lembaga dan program yang ada di Austria, Kanada, Inggris, Jerman, Yunani, Israel, Italia, Jepang, Latvia, Swiss, Amerika Serikat, Jamaika, Peru, dan Wales. Adler meninggal mendadak di Aberdeen, Skotlandia, Mei, 1937, selama kunjungan tiga minggu ke Universitas Aberdeen. Sambil berjalan menyusuri jalan, ia terlihat runtuh dan berbaring tak bergerak di trotoar. Sebagai seorang pria berlari ke dia dan melonggarkan kerah bajunya, Adler bergumam "Kurt," nama anaknya dan meninggal. Autopsi dilakukan ditentukan kematiannya disebabkan degenerasi dari otot jantung. Tubuhnya dikremasi di Krematorium Warriston di Edinburgh tetapi abu tidak pernah direklamasi. Pada tahun 2007, abunya ditemukan kembali dalam peti mati di Warriston Krematorium dan kembali ke Wina untuk dimakamkan pada 2011. - Tokoh Ilmuwan Penemu - http://tokoh-ilmuwan-penemu.blogspot.com/2011/12/tokoh-teori-psikologi-individual.html

                                                                 Oleh : illa suryaningsih BK-B 2010 (101014051)

No comments:

Post a Comment