Sunday, April 15, 2012

APLIKASI BK KARIER DALAM PEMILIHAN PROGRAM PILIHAN

     APLIKASI BK KARIER DALAM PEMILIHAN PROGRAM PILIHAN

Pemberian bantuan kepada sisiwa untuk memilih suatu program melibatkan berbagai pihak misalnya: konselor, guru, orang tua siswa, dan siswa itu sendiri.pihak-pihak tersebut mempunyai fungsi dan peranan yang berbeda namun sama tujuannya yakni membantu siswa agar dapat mencapai suatu prestasi yang optimal dan cita-cita yang sesuai dengan minat dan kemampuannya. Semua pihak hendaknya bekerja sama dengan baik agar siswa mampu memahami dan mengidentifikasi minat, bakat, dan kemampuan, kesempatan, dan kemungkinan lain yang ada pada diri siswa. Semakin lengkap informasi yang diperoleh dari diri siswa maupun informasi yang diperlukan di luar diri siswa, maka proses bantuan yang diberikan kepada siswa semakin tepat dan efektif.
Proses bantuan yang diberikan oleh konselor dan guru kepada siswa dalam memilih program pilihan dilaksanakan melalui berbagai metode atau teknik. Sebagai suatu kegiatan profesional dan ilmiah kegiatan pemberian bantuan ini di dasari oleh teori-teori yang erat kaitannya dengan proses bimbingan dan konseling karir. Karena pada hakikatnya pemilihan program merupakan suatu proses yang mengarah terhadap pemilihan jabatan atau suatu kegiatan pengambilan keputusan yang diawali dengan kegiatan pemilihan program secara tepat.
Banyak teori-teori bimbingan dan konseling karir yang kemudian berkembang sebagai imahasiswasan kerja dalam memilih program pilihan/jurusan dan pekerjaan. Pemilihan jurusan pada saat kelas 2 SMA baik jurusan IPA, IPS dan Bahasa atau berbagai pilihan jurusan untuk siswa SMK membutuhkan kecermatan dalam memilih sehingga inilah momen yang amat penting dalam mengenal dan mengawali sejarah karirnya. 
Sering terjadi para siswa mengalami masalah, konflik dan ketegangan dalam menghadapi program pilihan tersebut karena kurang jelasnya informasi yang berkaitan dengan kegiatan tersebut. Usaha pemberian bantuan agar siswa dapat mengambil keputusan dengan tepat tanpa ada saat masalah dan hambatan merupakan suatu kegiatan yang amat berharga.
Layanan yang bisa diberikan konselor kepada siswa agar bisa memilih jurusan yang sesuai misalnya dengan memberikan layanan orientasi, informasi, bimbingan kelompok, konseling individu maupun kelompok, aplikasi instrumentasi, himpunan data yang terbingkai pada komponen pelayanan dasar, pelayanan responsive, perencanaan individual dan dukungan system.

No comments:

Post a Comment

Post a Comment