Friday, April 13, 2012

Perkembangan karir menurut Buhler

Teori Perkembangan Karier 
Charlotte Buhler ( 1949 )

Perkembangan karir menurut Buhler :

a. Fase pertama ( 0-1 tahun )
Masa menghayati objek-objek di luar diri sendiri dan saat melatih fungsi, terutama fungsi motorik (fungsi yang berhubungan dengan gerakan dari badan dan anggota badan)
b. Fase kedua ( 2-4 tahun )
Mulai ada pengenalan aku sendiri. Tidak ada pengamatan objektif terhadap benda-benda di sekitarnya, sehingga benda tersebut dianggap dirinya. Tidak jarang apabila anak berbicara sendiri pada bonekanya, atau benda/mainan lain yang dianggap sama. Fase ini disebut juga fase bermain.

c. Fase ketiga ( 5-8 tahun ).
Masa sosialisasi anak terhadap lingkungannya. Anak mulai belajar mengenal dunia sekitar secara  objektif. Ada rasa tanggung jawab terhadap pekerjaan dan tugas-tugas kewajibannya.

d.Fase keempat ( 9-11 tahun )
Masa sekolah rendah. Pada masa ini keingintahuan anak semakin besar dengan mencoba dan bereksperimen terhadap sesuatu. Pada masa ini pula terjadi pemusatan dan penimbunan tenaga untuk berlatih, menjelajah, dan bereksplorasi. Dan pada ini juga, timbul kritik terhadap diri sendiri, anak mulai menemukan arti diri sendiri sehingga secara tidak sadar mulai berpikir tentang dirinya, Karena adanya pertentangan-pertentangan yang terjadi di lingkungannya. Sehingga, menyebabkan si anak kadang kala mangasingkan diri.

e. Fase kelima ( 14-19 tahun )
Masa tercapainya sintesa antara sikap batin dengan dunia objektif. Karena pada masa ini anak cenderung bersifat subjektif. Kemampuan dan kesadarn dirinya terus meningkat. Tak heran bila pada masa pubernya sturm und drang (ingin memberontak, gemar mengkritik, suka menentang,dsb). Namun, lambat laun akan sadar sendiri dan bias dikatakan memasuki batas kedewasaan (masa matang)

No comments:

Post a Comment