Saturday, April 21, 2012

LANGKAH-LANGKAH MODELING SIMBOLIS.


 LANGKAH-LANGKAH MODELING SIMBOLIS.


Ada 5 langkah dalam modeling simbolis, yaitu:


1. Rasionel


Pada tahap ini konselor memberikan penjelasan atau uraian singkat tentang tujuan, prosedur dan komponen-komponen strategi yang akan digunakan dalam proses konseling.


2. Memberi Contoh


Pada tahap ini konselor memberikan contoh kepada klien berupa model yang disajikan dalam bentuk video atau media lainnya, dimana perilaku model yang akan diperlihatkan telah disetting untuk ditiru oleh klien.

3. Praktek/ Latihan


Pada tahap ini, klien akan diminta untuk mempraktikkan setelah ia memahami perilaku model yang telah disaksikan. Biasanya praktik atau latihan ini mengikuti suatu urutan yang telah disusun. Dalam hal ini, konselor dapat menggunakan 3 kriteria yang diajukan oleh Lazarus untuk menentukan keberhasilan latihan, yaitu:


1. Klien mampu melakukan respon tanpa perasaan cemas.


2. Sikap/ perilaku klien secara umum mendukung kata-katanya.


3. Kata-kata atau tindakan klien tampak wajar dan masuk akal.



4. Pekerjaan Rumah


Pada tahap ini konselor memberikan pekerjaan rumah kepada klien yang berisi tentang 6 komponen yaitu: apa yang akan dikerjakan oleh klien, kapan perilaku itu harus dilakukan, dimana tingkah laku tersebut dilakukan, bagaimana mencatat tingkah laku tersebut dan membawa hasil pekerjaan rumah ke pertemuaan selanjutnya.

5. Evaluasi

Pada tahap ini konselor bersama dengan konseli mengevaluasi apa saja yang telah dilakukan, serta kemajuan apa saja yang telah dirasakan klien selama proses konseling. Selain itu, konselor juga harus memberikan motivasi untuk terus mencoba dan mempraktikkan apa yang telah klien dapat.


oleh:illa suryaningsih BK-B 2010 (101014051)

No comments:

Post a Comment